WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Jumat, 01 Juni 2012

Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps


Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image 

Semua bentuk usaha atau business pada zaman teknologi seperti sekarang akan membutuhkan layanan dasar seperti email, hosting, sharing file, file editing dan berbagai macam kebutuhan yang lain. Layanan-layanan dasar tersebut sangat berguna untuk melakukan kontak dan komunikasi baik internal maupun eksternal dengan customer pada sebuah business.
Ada beragam cara agar pemilik business yang bisa dipilih. Bisa menyewa jasa outsourcing atau mempekerjakan seseorang untuk membuatkan layanan tersebut. Namun yang lebih penting lagi, pertimbangkan metode terbaik yang akan anda gunakan. Jangan pernah buang waktu dan uang anda dengan memilih metode yang salah.
Sejak Google Apps dirilis, anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya hanya untuk menyewa server sendiri karena Google menyediakan layanan dasar business dengan begitu lengkap. Selain itu, Google Apps juga memungkinkan anda dan seluruh pihak yang terkait dengan business dapat mengaksesnya melalui perangkat mobile seperti handphone, smartphone, blackberry dan gadget lainnya.
Beberapa layanan dasar Google Apps yang bisa anda manfaatkan untuk business yang sedang anda bangun yaitu :

Layanan Google Mail

Dengan menggunakan layanan dasar Google, anda akan mendapatkan sebuah layanan email yang nntinya memiliki fitur yang sama dengan apa yang dimiliki Gmail. Dan jangan khawatir karena alamat yang akan dipakai adalah nama perusahaan yang anda miliki, bukan menggunakan embel-embel Gmail. Sederhananya, alamat email yang dibuat akan beralamat namauser@namabusinessanda.com bukan namauser@gmail.com
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Google Calendar

Aplikasi ini dapat membantu anda saat membuat dan mengatur jadwal dengan orang yang terkait dengan business yang sedang anda jalankan. Anda dapat mengatur rencana meeting, rincian jadwal kerja, membuat undangan rutin, termasuk menverifikasi kehadiran anggota terkait saat mengadakan meeting.
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Google Docs

Google Docs memungkinkan pengguna business untuk saling berbagi data kantor seperti file doc, xls, ppt dan file lain. Semua staff dalam business yang dijalankan dapat melakukan editing file tanpa harus takut kehilangan data karena server Google Apps akan selalu menyimpan history dari setiap pengeditan file yang dilakukan. Bahkan, staff yang berbeda dapat melakukan editing file dalam waktu yang bersamaan.
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Google Sites

Meskipun hasilnya tidak sebaik saat anda menggunakan wordpress, joomla atau CMS yang lain, google sites dapat anda coba untuk membangun halaman website dari business yang anda bangun. Tetapi, jika benar-benar ingin mebangun sebuah business, saya sarankan anda menggunakan jasa web developer untuk membangun website dengan tetap menggunakan layanan Google Apps untuk hal yang lain.
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Google Video

Pada dasarnya, layanan ini adalah YouTube versi perusahaan anda. Anda dapat share video tutorial, training, himbauan kepada bawahan dan keperluan yang lain. Semua video yang telah diupload dapat anda setting, apakah bersifat rahasia, privat atau boleh dilihat oleh kalangan umum.
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Google Groups

Sesuai dengan namanya, fasilitas yang ada memungkinkan semua staff dapat berdiskusi dengan anggota yang lain. Anda dapat mengirim pesan, ide baru dan hal lain yang perlu didiskusikan. Nilai lebihnya, google group telah terintegrasi  dengan google calendar sehingga seorang staff baru dapat melihat dan membaca sesuai urutan tanggal pembahasan. Hal ini akan mempercepat proses penyesuaian diri staff baru dengan kebutuhan dan tugas d perusahaan.
Membangun Web Business dengan Aplikasi Google Apps Image

Masih butuh hal lain?

Google memberi garansi kalau server dari Google Apps 99.9% uptime dan mendukung SSL. Tidak tanggung-tanggung, google menyediakan email dengan kapasitas sebesar 25 GB untuk setiap user yang menggunakan layanan ini. User dapat menggunakan mail client sperti outlook express dan megintegrasikannya dengan perangkat mobile seperti BlackBerry, iPhone dan gadget lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)