WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Selasa, 01 Mei 2012

Cara Setting VPN Server di Windows Server 2003/2008 Yang Hanya Memiliki Satu NIC

         Sudah menjadi kebutuhan banyak orang untuk bisa mengakses jaringan kantor dari mana saja. Hal itu bisa dimungkinkan jika Anda memiliki koneksi VPN atau Virtual Private Network.
VPN memungkinkan anda membuat sebuah virtuak tunnel atau terowongan maya yang aman dalam cloud atau internet. Dan ini tentu saja merupakan salah satu cara yang paling murah jika dibandingkan misalnya kita menyewa jalur khusus atau dedicated.
Nah saya akan menyajikan cara membuat VPN server sehingga Anda bisa mengakses jaringan kantor dari manapun Anda berada (tentu nya ada koneksi internet).
Pada percobaan kali ini saya menyiapkan satu buah server dengan menggunakan OS Windows Server 2003 (saya sudah coba juga di Windows Server 2008 dan pada prinsipnya sama saja).
Pada umumnya sebuah VPN server memilki dua buah NIC. Satu NIC untuk sisi terluar dan satu NIC untuk jaringan lokal.  Karena VPN server yang akan kita setup ini hanya satu NIC, maka NIC terluar akan kita setup di Network Gateway(Untangle). Informasi Tentang Untangle ada di sini.
Dengan menempatkan NIC terluarnya di Untangle ini sebenarnya lebih aman. (promosi untangle nih ceritanya .. he he he)
Ok kita bagi tahapan menjadi 3 tahap :
  1. Setup VPN Server di Windows Server 2003 dengan 1 NIC
  2. Port Forward di Untangle
  3. Setup Koneksi VPN di sisi client

Setup VPN Server di Windows Server 2003 dengan 1 NIC

01-add-role-as-vpn-server
02-klik-next
03-routing-remote-access-server-setup-wizard
04-b-pilih-custom
05-b-vpn-access
06-konfirmasi-sbg-VPN access
07-start-the-services
08-manage-server-role-sdh-terlihat
Nah sampai tahapan ini Windows Server 2003 kita sudah berhasil kita tambahkan role sebagai VPN Server. Untuk selanjutnya kita perlu merubah user property di windows server sehingga dibolehkan untuk melakukan Dial Up VPN.
Caranya masuk ke user property dan di bagian Dial In, Allow Access nya di centang. Lihat gambar di bawah ini :
allow-access-vpn

Port Forward IP Public Ke IP Local di Untangle

Tahap berikutnya adalah kita melakukan port forward dari IP publik ke IP lokalnya si VPN Server. Di untangle melakukan port forward ini sangat mudah, caranya Anda masuk ke Config >> Networking dan klik Tab Port Forward.
Anda bisa memforward port khusus PPTP VPN atau jika Anda punya banyak IP Publik, Anda bisa memforward seluruh request ke IP Public ke IP local
Berikut ini adalah screen shot nya :
setting-port-forward di untangle
Nah tahapan port forward sudah selesai, sekarang mari kita setup koneksi user. Dalam hal ini saya menggunakan Windows XP untuk koneksi ke server>

Setup Koneksi VPN di sisi client

Di computer client, buka Network Connection dari Control Panel, kemudian di sebelah kiri, ada menu Create New Connection.
Berikut ini tahapan satu demi satu …
01-setup-connecion-dial-up-VPN
02-connect-to-network-using-VPN
03-pilih-VPN
04-kasih-nama-koneksi
05-optional-dont-dial
06-masukan-IP-publik-VPN Server
7-masukan-user-dan-password
Saat kita klik konek dan tidak ada hambatan yang berarti, maka komputer user akan terhubung. Berikut ini simbol koneksi VPN di PC users.
simbol-user-terkoneksi
Nah selesai sudah tahap demi tahap mensetup VPN server pada windows server 2003 yang hanya memiliki satu NIC dengan bantuan Untangle.
Sehari hari di laptop saya, koneksi menggunakan koneksi Indosat yang klasik. Sebelumnya saya pakai XL, tapi sayang XL tidak membuka port untuk koneksi VPN. Jadi jika anda pekerja mobile seperti saya dan ingin bebas mengakses fasilitas kantor seperti file sharing, internet akses bahkan telepon, segera setup VPN server dan gunakan koneksi internet mobile dari Indosat IM2 yang type klassik.
Salam

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)