WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Selasa, 01 Mei 2012

Cara Membuat USB Extender (Menyambung Kabel USB dengan UTP)




Cuma sekedar Share doank nih..... biasanya USB yg tersedia di pasaran panjangnya sekitar 1meter.... nah...kalo pengen yg lebih panjang tinggal sambung aja tuh kabel USB make Kabel UTP yg biasanya dipake buat nyambung jaringan LAN.





Gini langkah2nya...
Siapkan kabel USB @ UTP (kalo lom tau apa itu USB n UTP tanya OM Google.)

1.    UTP yg udah disiapin td kupas kulitnya sampe keliatan tembaganya, inget   sampe keliatan tembaganya,jangak kayak mo bikin kabel jaringan yg cuma dikupas kulit luarnya doank

2.    Ulangi langkah no.2 pada kabel USB
3.    Di dalem kabel USB tuh ada 4 kabel, warnanya merah, putih, Hijau, ama Hitam.

4.    Nah, kalo yg kabel UTP kabelnya kita kelompokin kayak gini biar mudah :

       >> Putih-Orange & Orange digabung. anggap ni kel. A
       >> Putih-HIjau jadi Kel. B
       >> Hijau jadi Kel. C
       >> Putih-Biru, Biru, Putih-Coklat, Coklat, Jadi Kel D.
5.    Trus sambung USB k UTP. Formatnya kayak gini :
       >> Merah disambung ke Kel.A
       >> Putih disambung ke Kel. B
       >> Hijau disambung ke Kel. C
       >> Hitam disambung ke Kel. D

6.  Selanjutnya, rapikan sambungan tadi, bisa pake solatip.

Setelah kabel USB Extender ini jadi, kita bisa mengetesnya dengan menggunakan Mouse, USB mouse hanya memerlukan arus <400 mA jadi Mouse bisa langsung terdeteksi walopun USBnya versi 2.0, dan mouse pun bisa langsung digunakan.



sedikit tinfo nih, klo USB di panjangin kayak ginu biasanya kecepatan transfernya agak berkurang, apalagi di pake untuk wireless USB adapter, ada baiknya settingan USB di komputer kita pke yang USB 1.1, kebanyakan sekarang udah pada pke USB 2.0, untk ngubahnya bisa di settingan BIOS

Kalo kabel UTPnya panjang banget ada baiknya kita pake juga USB REPEATER,,, (kalo yang ga tau apa itu USB Repeater n fungsinya buat apa, tanya Om Google ya....hehe...)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)