WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Selasa, 01 Mei 2012

Application Control – Untangle 9.02


     Semalam baru saja mengikuti webinar oleh untangle, tentang release terbaru dari untangle dengan fitur tambahan application control. Saat ini untangle telah mencapai versi 9.02.
Berdasarkan change log nya, pada untangle versi 9.02 ini ada fitur tambahan baru yang belum ada sebelumnya yaitu untangle application control.
Oh ya, jika Anda belum tahu apa itu untangle, Anda bisa baca buku saya tentang untangle. PT Pusaka Informatika adalah juga partner untangle di Indonesia yang siap mensukseskan implementasi untangle di organisasi Anda.

Application Control Fitur Baru Untangle

Nah mari kita kembali ke untangle versi 9.02 dan melihat penampakan dari application control ini. Berikut ini screen shot dari application control di untangle:
Application Control di Untangle 9.02
Application Control di Untangle 9.02
Jika Anda perhatikan pada gambar di atas, ada beberapa TAB yang ada di setting application control. Dan pada gambar di atas, application control terlihat bisa sangat detail dalam melakukan control terhadap aplikasi secara khusus.  Dan dari gambar di atas, Anda bisa memblokir aplikasi bertipe proxy, dan lebih spesifik lagi proxy bernama TOR. :)
Oh ya, saya pernah membahas tentang TOR project di blog saya sebelumnya, dan memang TOR ini sangat sulit untuk di blokir, bahkan oleh untangle pada versi sebelumnya. User kita yang menggunakan proxy dan juga tor ini biasanya masih dapat melakukan akses browsing ke situs terlarang (misal:porno).
Problem solved deh dengan keluarnya Application control di untangle 9.02 ini. :)
Berikut ini adalah RULE di application control untangle yang juga sangat flexibel. Jujur ini sebelumnya sangat sulit di lakukan oleh misalnya firewall. Berikut ini adalah penampakan rule yang sangat flexible di application control nya untangle:
rule di application control untangle
Rule Application Control Untangle
Lihat bagaimana untangle application control bisa melakukan bloking dengan sangat flexible, misalnya TCP port 80 yang bukan protokol HTTP. Seperti yang mugkin Anda sudah paham, aplikasi aplikasi tertentu yang cenderung ‘jahat’, suka sekali menggunakan port 80 untuk mengelabui network admin yang sudah pasti tidak mungkin memblok port 80 yang biasa digunakan untuk browsing.
edit rule application control untangle
Edit Config Rule Application Control Untangle

Tambahan Selain Fitur Baru Application Control di Untangle

Selain Application Control, untangle versi 9.2 juga mengalami banyak perbaikan di sana sini, antara lain:
  1. Perbaikan performance pada platform untangle
  2. Platform installer yang menggunakan seluruh disk (sebelumnya saya lihat untangle membuat dua partisi)
  3. Perbaikan pada sistem untangle reports
  4. Perbaikan pada untangle web filter seperti youtube for school
  5. IPSec dimasukan dalam paket untangle standard
  6. dll

Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)