WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Rabu, 11 April 2012

Ukur kecepatan (waktu) booting Windows dengan BootRacer

 
Apakah anda tahu berapa lama waktu yang diperlukan windows untuk booting? Bagi yang ingin tahu, kini dengan software kecil, BootRacer, kita bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan windows sampai komputer tersebut siap pakai. Dengan mengetahui kecepatan booting, akan sangat membantu untuk mengoptimasi agar booting lebih cepat.
Untuk mempercepat proses booting, bisa kita lakukan dengan menon-aktifkan program atau aplikasi-aplikasi yang otomatis berjalan dengan windows, hal ini mudah kita lakukan dengan aplikasi semisal Autoruns ( baca juga : Tips mengatasi booting/loading komputer yang lambat ). Tetapi kadang kita tidak tahu apakah proses booting windows semakin cepat atau sama saja. Untuk mengetahui hal ini maka bisa kita gunakan software gratis BootRacer.
Aplikasi ini cukup sederhana dan mudah digunakan, fungsi utamanya menghitung berapa detik proses windows mulai aktif sampai tampilan desktop muncul dan siap kita gunakan. Jika waktu yang diperlukan kurang dari satu menit, maka akan mendapatkan rating “Excellent”, jika lebih dari itu, mungkin perlu di optimasi agar prosesnya lebih cepat.

Penggunaan dan Penjelasan Hasil BootRacer

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan download dari link yang disediakan dibawah (sekitar 2 MB saja), kemudian install ( jika yang di download dalam zip, extract atau keluarkan aplikasi yang ada didalam zip tersebut, kemudian install ). Setelah selesai di install, jalankan aplikasi dan klik start untuk me-restart komputer dan proses penghitungan waktu booting bisa dilakukan. Restart juga bisa dilakukan secara manual.
Ketika komputer aktif kembali, maka BootRacer akan mulai menghitung waktu booting sampai tampilan desktop muncul dan siap pakai. Penjelasan beberapa hasilnya sebagai berikut :
  • Time to Logon, waktu dalam detik yang diperlukan mulai dari titip awal windows aktif, sampai muncul tampilan login windows atau Welcome Screen
  • Logon timeout, waktu dalam detik dari “Time to Logon” sampai pengguna berhasil login (waktu pengguna memasukkan password). Jika tidak muncul tampilan memasukkan password, maka nilainya nol
  • Logon to Desktop, waktu yang diperlukan setelah pengguna berhasil login sampai muncul tampilan desktop (termasuk start menu dan icon-icon di layar) yang siap pakai.
  • Total time to dekstop = Time to Logon + Logon to desktop
Kita dapat melihat hasilnya setiap menyalakan komputer atau windows restart. Setiap hasil yang ditampilkan disimpan dan dapat dilihat melalui tombol Show History, dapat juga disimpan dalam format lain seperti HTML, XLS, DOC atau CSV. Sebagai tambahan informasi, tombol Speed up PC akan membuka website yang mengarahkan ke aplikasi lainnya. Kita dapat mengatur beberapa opsi lainnya melalui menu Options.
Untuk mengetahui waktu booting windows, BootRacer memang sangat membantu, apalagi dengan ukuran yang kecil, installasi yang mudah dan penggunaan Memory (RAM) yang juga kecil. Tetapi ada satu hal yang belum ada, yaitu detail proses (atau aplikasi) yang dijalankan windows sampai muncul tampilan desktop, hal ini untuk mengetahui aplikasi mana yang menggunakan waktu lama. Jika kita memerlukan detail proses apa saja yang berjalan, kita bisa menggunakan aplikasi lain yang lebih lengkap semisal Soluto ( kelemahannya installasi harus online, dan menggunakan memory cukup besar, selengkapnya bisa membaca : Analisa dan percepat waktu booting komputer dengan Soluto )
BootRacer dapat di install di Windows 2000/Xp/2003/Vista/2008/seven baik 32 bit maupun 64 bit, dan hanya memerlukan ruang hardisk sekitar 6 MB saja. Download BootRacer (1.9 MB) bootracer_free.zip ( alternatif download link : bootracer_free.zip )

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. good................................................

    BalasHapus

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)