WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Selasa, 17 April 2012

Cara Setting POP3 di Ms.Outlook

          Sebelum mencoba untuk melakukan setting penggunaan client POP3, sebaiknya anda membuat akun mail. Anda bisa menggunakan Yahoomail ataupun Gmail. Untuk contoh selanjutnya, saya menggunakan Gmail sebagai server. Jika anda anda belum memiliki akun, anda dapat membuatnya di www.gmail.com
Selanjutnya, install Ms Outlook 2007. Aplikasi ini berperan sebagai system client untuk mengakses email yang ada pada gmail (server). Jika anda telah menginstall Ms Outlook, buka control panel. Selanjutnya, klik icon mail. Kemudian akan tampil jendela baru mail setup.
Klik show profile. Kemudian akan muncul jendela mail. Apabila sebelumnya anda telah memiliki profile maka klik add untuk membuat profile baru. Ketik nama profil yang anda inginkan kemudian klik Ok.
Pada jendela Add New E-mail Account kosongkan semua isiannya dan pastikan anda menandai Manually configure server settings or additional server types. Kemudian klik next.
Selajutnya akan tampil jendela baru yang berisi beberapa pilihan Radio Button. Pastikan Radio button pada Microsoft Exchange, POP, IMAP, or HTTP tertandai kemudian klik Next. Biarkan kosong kolom-kolom yang ada, tandai Manually configure server settings or additional server type, klik Next. Pastikan juga tandai Internet E-mail klik Next.
Untuk kolom Your name, isi dengan nama yang ingin dimunculkan. Pada E-mail address, isi dengan alamat gmailmu misal anditriskamuliana@gmail.com . Selanjutnya pada kolom Account type isi dengan POP3. Pada Incoming mail server ketik pop.gmail.com dan pada kolom Outgoing mail server ketik smtp.gmail.com dan pada kolom Username ID anda secara otomatis teriisi jika sudah mengisi alamat email di kolom awal. Pada kolom Password ketik password gmail anda agar dapat login dari Ms Outlook.
Tandai Require log on using secure password authentication (SPA) lalu klik More Setting. Secara otomatis sudah ada nama account sesuai alamat email dan bisa diganti sesuai kebutuhan, misal dengan username saja atau biarkan saja apa adanya jangan klik OK dulu lakukan setting berikutnya.
Klik Outgoing server, tandai My outgoing server (SMTP) requires authentication, tandai Use same setting as my incoming mail server, jangan klik OK dulu, lakukan setting berikutnya.
Klik Advanced , tandai This server requires an encrypted connection (SSL) maka otomatis Incomimg server (POP3): berubah nilai menjadi 995 , pada outgoing server (SMTP): ganti angka 25 menjadi 465
Use the following type of encrypted connection: asalnya adalah None, klik lalu ganti dengan SSL. Tandai Leave a copy of message on the server dan Klik OK.
Klik Next lalu klik Finish.
Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)