WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Sabtu, 21 April 2012

PROTOKOL pada OSI LAYER

Pertanyaan :  sebutkan protokol yang ada pada OSI layer beserta fungsinya?

*    aplication layer
Protokol yang berada di layer ini adalah, HTTP, FTP, NFS, DNS, POP3, MIME, SMB, NNTP, DHCP.
1.  HTTP(Hyper Text Transfer Protocol ) yaitu protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dan web dalam sebuah web browser, melalui WWW.  HTTP juga merupakan protokol  yang meminta dan menjawab antar klien dan server.
2.  FTP(File Transfer Protokol) yaitu sebuah protokol internet yang berjalam dalam layer aplikasi yang merupakan standar untuk mentransfer  file komputer antar mesin-mesin dalam sebuat jaringan internet.
3.  NFS (Network File system) yaitu jaringan protokol yang memungkinkan pengguna di klien komputer untuk menngakses file melalui jaringan dengan cara yang sama dengan bagaiman penyimpanan lokal yang diaksesnya.
4.  DNS(Domain Name System) yaitu protokol yang digunakkan untuk memberikan suatu nama domain pada sebuah alamat IP agar lebih mudah diingat.
5.  POP3(Post Office Protocol) yaitu protoko yang digunakan untuk mengambil mail dari suatu mail transfer agent yang akhirnya mail tersebut akan di dowbload kedalam jaringan lokal.
6.  MIME(Multipurpose Internet Mail Exension)yaitu protokol yang digunakan untuk mengirim file binary dalam bentuk teks.
7.  SMB(Server Messange Block) yaitu protokol yang digunakan untuk mentransfer server-server file ke DOS dan Windows.
8.  NNTP(Network News Transfer Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk menerima dan mengirim newsgroup.
9.  DHCP(Dynamic Configuration Protocol)yaitu layanan yang memberikan no IP kepada komputer  yang meminta nya secara otomatis.

*    presentasi layer
Protokol yang ada di presentasi layer yaitu, TELNET, SMTP, SNMP.
1.    TELNET  yaitu protokol yang digunakan untuk akses remote masuk ke suatu host,  data berjalan secara lain teks.
2.    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yaitu salah satu protokol yang biasa digunakan dalam pengiriman e-mail di internet atau untuk mengirimkan data dari komputer pengirim e-mail ke server e-mail penerima.
3.    SNMP(Simple Network Management Protocol) yaitu protokol yang digunakan dalam suatu manajemen jaringan.


*  Session layer
Protokol yang ada di layer ini yaitu RCP.

*    Transport layer
Protokol  yang ada di layer ini adalah TCP dan UDP
1.    TCP (trasmission Control Protocol) yaitu protokol yang menyediakan layanan penuh lapisan transport untuk aplikasi.
2.    UDP (User Datagram Protocol) yaitu protokol connectionless dan proses-to-procces yang        hanya menambahkan alamat port, cheksum error control dan panjang  informasi data pada layer di atasnya.

*    Network layer
Protokol yang ada di layer ini yaitu IP,ARP, RARP, ICMP, IGMP.
1.    IP(Internetworking Protocol)yaitu mekanisme transmisi yang digunakan untuk menstransportasikan data dalam-dalam paket yang disebut datagram.
2.    ARP(Address Resulotion Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk mengetahui alamat IP berdasarkan alamat fisik dari sebuah komputer.
3.    RARP(Reverse Address Resulotion Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk mengetahui alamat fisik melalui IP komputer.
4.    ICMP(Internet Control Message Protocol) yaitu mekanisme yang digunakan oleh sejumlah host untuk mengirim notifikasi datagram  yang mengalami masalah pada hostnya.
5.    IGMP(Internet Group Message Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk memberi fasilitas message yang simultan kepada  group penerima.

*   Data Link Layer
Protokol yang ada di layer ini yaitu PPP, dan SLIP.
1.    PPP(Point to Point Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk point to point pada suatu jaringan.
2.    SLIP(Serial Line Internet Protocol) yaitu protokol yang digunakan untuk menyambung serial.

*    Physical Layer
Tidak mempunyai protokol yan spesifik di layer ini, karena pada layer ini hanya mengirimkan bit bit data..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)