WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Kamis, 19 April 2012

Windows Server 2003 Routing and Remote Access


Semakin banyak jumlah host atau komputer di dalam satu jaringan membuat lalu lintas data menjadi padat. Akibatnya jaringan menjadi lambat karena banyaknya paket broadcast yang beredar di jaringan. Untuk mengatasi hal ini maka kita perlu membagi jaringan menjadi sub jaringan dengan jumlah host yang lebih kecil. Oleh karena itu Router menjadi solusi penghubung antar jaringan. Bagaimana cara membuat solusi router yang mudah dan murah? Jangan khawatir, Windows Server 2003 memudahkan kita untuk membangun PC router menggunakan fasilitas Routing and Remote Access.

Routing and Remote Access merupakan fasilitas built-in yang sudah ada di Windows Server 2003 tanpa kita harus menginstall software tambahan apapun. Untuk mengkonfigurasikan Routing and Remote Access menjadi router caranya sangat mudah. Cukup mengikuti wizard yang disediakan, maka PC kita akan menjadi sebuah router yang menghubungkan dua atau lebih jaringan. Sebaiknya sebelum mengkonfigurasi routing and Remote Access pastikan di dalam komputer terdapat dua kartu jaringan atau lebih yang terhubung ke jaringan yang berbeda.

Setelah konfigurasi routing and remote access selesai kita bisa memanfaatkan PC router dalam berbagai skenario. Skenario pertama yang bisa kita pakai adalah bagaimana suatu komputer yang berada di sub jaringan lain bisa mendapatkan IP Address dari DHCP server yang berada di sub jaringan yang berbeda. Dalam skenario ini kita bisa mengkonfigurasikan DHCP relay agent di Routing and Remote Access sehingga client tersebut mendapatkan IP Address dari DHCP Server yang berbeda jaringan.

Skenario lain yang bisa memanfaatkan PC Router adalah bagaimana kita bisa membentuk suatu site dan subnet di Active Directory. Perlu diketahui bahwa site adalah topologi fisik dari Active Directory, dimana suatu site dibentuk oleh suatu subnet IP. Setelah membuat site dan subnet kita bisa menginstall additional Active Directory Domain Controller pada site tersebut. Adanya domain controller di suatu site akan memudahkan user yang berada di site tersebut login secara lokal, tidak perlu menyeberang subnet untuk melakukan otentikasi.

Pada PC Router ini kita bisa menggunakan statis routing maupun dinamic routing antara lain RIP atau OSPF untuk membentuk jaringan yang lebih kompleks yang terdiri dari beberapa router.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)