WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Kamis, 19 April 2012

DHCP Server


Pusing melakukan setting IP ke 100 komputer? tenang saja, tidak perlu bingung lagi. Windows Server 2003 sudah menyediakan services yang cukup memudahkan pekerjaan Anda sebagai Administrator server. Install saja Services DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol di Windows Server 2003

Dengan DHCP maka semua client akan mendapatkan IP Address secara otomatis. selain IP Address ada beberapa setting lain yang bisa didapatkan oleh client yaitu Subnet Mask, DNS Server, Gateway, WINS Server dan setting lainnya yang bisa diberikan melalui DHCP Server.
IP Address yang diberikan kepada client memiliki jangka waktu yang bisa kita tentukan misalnya dalam hitungan hari, jam atau menit.

Selain itu bagi yang ingin memiliki nomor cantik (memangnya pulsa....) bisa memesan IP yang khusus sesuai dengan keinginan dan IP itu akan terus dimiliki sampai kapanpun serta tidak akan diberikan ke client lain. Fasilitas ini di DHCP namanya reservation. Client tinggal mendaftarkan MAC Address atau Physical Address serta IP Address yang ingin di dapatkan.
DHCP service bisa di Instalasi melalui Add/Remove Programs - Add/Remove Windows Component - Networking Services - DHCP

setelah itu masukkan CD Windows Server 2003 untuk file instalasinya.
setelah selesai kita bisa menggunakan DHCP console di Administrative tools untuk membuat IP scope dan options yang diberikan kepada komputer client.
Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)