WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Rabu, 11 April 2012

Cek Temperatur komponen PC dengan Open Hardware Monitor


Memantau atau mengecek suhu berbagai komponen (perangkat keras) komputer saat ini bukan suatu hal yang sulit lagi dan penting untuk dilakukan secara rutin. Sebelumnya saya sudah pernah menulis tetang berbagai koleksi software gratis monitoring suhu hardware komputer. Alternatif lain yang baru adalah Open Hardware Monitor.

Seperti namanya, software ini tidak hanya gratis, tetapi bersifat open source dan termasuk salah satu software dengan fitur monitor cukup lengkap. Open Hardware monitor mendukung berbagai chip yang digunakan di berbagai motherboard komputer saat ini.
Karena bersifat open source, kita juga bisa mendapatkan source kodenya dan bisa dipelajari bagi yang punya kemampuan programming. Selain itu, Open Hardware monitor selain dijalankan di Windows juga bisa dijalankan di Linux dengan bantuan Mono Framework.


Beberapa fitur Hardware monitor antara lain :
  • Memonitor berbagai suhu hardware (perangkat keras) komputer secara real time (berkelanjutan)
  • Mampu memantau komponen: Hardisk (HDD), CPU (Termasuk masing-masing core), putaran Fans (kipas pendingin), Temperatur sistem (moterboard), VGA (termasuk voltase, suhu GPU, dan putaran kipasnya).
  • Menampilkan grafik atau plot berbagai suhu/komponen yang di monitor
  • Menampilkan inforrmasi sebagai gadget windows (tampil di desktop)

Perbandingan dengan CPUID Hardware Monitor

Selama ini software monitor suhu komponen komputer yang sering saya gunakan adalah Hardware Monitor, dengan tampilan yang sederhana dan mampu memonitor berbagai komponen. Dari segi tampilan, Open hardware monitor menampilkan informasi persis seperti CPUID Hardware Monitor.
Dari segi kemampuan monitor, ketika saya coba monitor di komputer desktop (PC), komponen yang dipantau sama, hanya saja Open Hardware Monitor memberikan informasi lebih untuk CPU dan VGA, yaitu dengan manambahkan informasi berupa clock dan memori vga serta load processor yang digunakan (baik untuk CPU/VGA) serta informasi fan (kipas) yang digunakan VGA.

Selain itu, untuk Control GPU fan (kipas VGA), ketika di klik kanan ada opsi untuk mengatur berapa persen daya/kecepatan yang akan dialokasikan. Dari perbandingan singkat ini untuk PC terlihat Open Hardware Monitor lebih unggul.
Tetapi ketika saya coba di Laptop/Notebook, Open Hardware Monitor sedikit ketinggalan dengan dibanding Hardware Monitor. Hardware Monitor selain mampu memonitor berbagai komponen seperti di PC, ada tambahan monitor Battery Laptop, sedangkan Open HM belum tersedia (mungkin karena versinya masih beta, semoga versi final sudah bisa menyertakan fitur ini).
Selain monitoring, Open Hardware Monitor juga memberikan fitur lebih dengan menampilkan plot/grafik (meski ketika saya coba belum tampil), serta bisa menampilkan informasi sebagai gadget windows di desktop dengan tampilan yang menarik. Open Hardware Monitor mendukung Windows XP, Vista, 7 dan juga Linux baik 32bit maupun 64bit.
Download Open Hardware Monitor ( 255 KB )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)