WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Jumat, 13 April 2012

Ini Dia Kapal Pesiar Paling Menakjubkan Sepanjang Zaman

Kapal pesiar Adastra (Foto: in2eastafrica)

Kapal pesiar Adastra (Foto: in2eastafrica)
KAPAL pesiar Adastra memang tidak main-main mewahnya. Kapal ini disebut sebagai kapal pesiar (yacht) paling menakjubkan di dunia. Adastra seakan menyihir para penonton saat peluncurannya di China.
Dengan harga pembuatan mencapai USD15 juta atau Rp139 miliar, kapal pesiar sepanjang 42 meter itu membuat puluhan pasang mata yang melihatnya hampir tak berkedip. Mereka seolah tidak percaya jika ada kapal pesiar semewah ini.
Adastra lahir dari ide cemerlang sang pemilik Anto dan Elaine Marden asal Hong Kong. Ide itu kemudian diterjemahkan oleh desainer kapal pesiar John Shuttleworth dan proses pembuatannya dilakukan Boats McConaghy di Zhu Ha, China. Ide itu terwujud setelah kerja keras selama lima tahun mulai sejak perencanaan hingga konstruksi.
Lima tahun berlalu, Adastra kemarin siap diuji berlayar untuk memenuhi mimpi sang perancangnya. Karena desain yang unik, saat peluncuran, Adastra membuat heboh.
Adastra memiliki panjang 42,5 meter, lebar 16 meter dan berat 52 ton. Kapal ini bisa menampung sembilan tamu, dengan ruang yang lapang untuk 5-6 awak kapal. Adapun, kecepatan maksimum yang mampu dicapai kapal pesiar ini mencapai 22,5 knot.
Kapal itu mampu menempuh jarak hingga 4.000 mil laut dengan kecepatan 17 knot, dengan sekali pengisian bahan bakar. Kemampuan itu cukup untuk membawa Anda melakukan perjalanan dari Inggris ke New York.
Untuk perjalanan jarak jauh, kapal itu mampu membawa 320.000 liter bahan bakar. Sedangkan untuk perjalanan normal, kapal itu membawa 15.000 liter bahan bakar. Tingkat konsumsi bahan bakar saat kapal melaju dengan kecepatan 13 knot sebesar 90 liter per jam. Adapun,konsumsi bahan bakar saat kapal digeber dengan kecepatan 17 knot sebesar 120 liter per jam.
Dengan efisiensi bahan bakar dan daya jelajah yang menakjubkan seperti itu, majalah Boat Internasionalmenganggap Adastra dapat mengawali tren perjalanan jarak jauh yang efisien dengan kapal pesiar. Karena, selama ini perjalanan dengan kapal pesiar dianggap memakan waktu terlalu lama.
Lantas, apa saja fitur mewah yang dimiliki Adastra? Menurut laporan Dailymail, kapal ini memiliki ruangan salon di dek utama. Lalu kapal ini juga memiliki ruang tunggu, ruang makan, dan stasiun navigasi. Bagi penumpang ingin santai di dek bagian belakang kapal, mereka tinggal duduk di sofa yang empuk dan nyaman.
Jika penumpang ingin sekadar kongkow, bisa bergeser ke bar di bagian kiri kapal. Atau jika penumpang hendak menikmati makanan lezat, tinggal menuju ke sisi kanan kapal.
Adapun bagian kemudi utama kapal, terdapat tempat duduk untuk dua orang, yang terletak di tempat nakhoda, antara dek belakang dan area salon, yang merupakan bagian dari struktur balok silang.
Bagaimana dengan mesinnya? Adastra didukung satu mesin canggih Caterpillar C18 dengan kekuatan 1.150 tenaga kuda, 2.300 rpm dan memiliki 2 Yanmar 110 tenaga kuda, masing-masing 3200 rpm. Bagian atas geladak kapal terbuat dari serat karbon dengan inti sarang lebah Nomex. Lalu,lambung kapal terbuat dari lapisan busa Glass/Kevlar dan interior lemari menggunakan panel sarang lebah.
Untuk keamanan dan keselamatan, Anda tak perlu khawatir. Kapal ini memiliki sistem pengamanan terpadu. Tak tanggung-tanggung, sistem ini dapat dikendalikan dengan Apple iPad dalam jarak 50 meter.
Sumber :http://www.okezone.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)