WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Rabu, 11 April 2012

Managemen Program/Aplikasi dengan Comodo Programs Manager

 
Bagi pengguna komputer (windows) yang sering mencoba atau meng-install program (software) biasanya memerlukan software uninstall untuk menjaga sistem tetap “bersih”. Selama ini mungkin yang paling banyak digunakan adalah Revo Uninstaller, tetapi ada alternatif lain yang patut dicoba, yaitu Comodo Programs Manager.
Meskipun windows sudah menyertakan sendiri aplikasi untuk meng-uninstall software/program yang terpasang, tetapi tidak banyak menyediakan fitur, belum lagi sering data atau setting aplikasi banyak tertinggal (terutama di Registry). Apalagi bagi yang sering mencoba software baru, tentu bisa menurunkan performa jika tidak di uninstall dengan bersih.
Comodo Programs Manager merupakan software gratis untuk membantu memanajemen program/software yang terpasang. Software buatan perusahaan security terkemuka Comodo ini tidak hanya menyertakan fitur uninstall program dengan bersih, tetapi juga menyertakan fitur lain yang cukup bermanfaat.
Beberapa fitur Comodo Programs Manager antara lain:
  • Kemudahan akses, penggunaan dan pencarian program yang terpasang (terinstall) di komputer
  • Mampu memonitor installasi program dan otomatis mendeteksi ketika kita melakukan installasi program
  • Menu uninstall driver dan services windows
  • Menyertakan fitur uninstall bawaan windows seperti Repair dan Change (mengubah installasi) jika tersedia
  • Mampu meng-uninstall program yang gagal terinstall atau terjadi masalah sebelum proses installasi selesai (aktifkan Force Uninstall di Options)
  • Bisa membuat backup aplikasi setelah proses installasi selesai, sehingga kita bisa menginstall ulang (restore) dengan setting dan data yang persis seperti sebelumnya dengan mudah
  • Untuk program tertentu, kita bisa membuat installer dari aplikasi yang sudah terpasang

Kelebihan & Kekurangan

Dengan adanya fitur Active Monitoring, maka ketika kita menginstall aplikasi, Comodo Programs Manager (CPM) akan otomatis memantau perubahan/tambahan file dan registry, sehingga nantinya proses installasi akan bisa dilakukan dengan bersih dengan cepat. Berbeda dengan Revo Uninstaller free, karena tanpa monitoring, kadang proses uninstall memakan waktu cukup lama karena harus melakukan scanning, apalagi untuk opsi deep scan.
Kelebihan lain dibanding Revo Uninstaller Free, adalah proses uninstall yang cepat dan adanya fitur Monitoring installasi program. Selain itu adanya backup proses installasi bisa bermanfaat jika kita salah uninstall atau ingin mengembalikan (restore) aplikasi. Untuk mendapatkan fitur backup, aktifkan melalui menu Options.
Ada kelebihan tentu ada kekurangan. Untuk program yang sudah terinstall di windows, maka menu uninstall hanya menggunakan Uninstall Standard bawaan aplikasi. Berbeda ketika installasi dilakukan setelah terpasang CPM akan tersedia menu “Complete Uninstall” dan fitur untuk membuat installer (Make Installer) di program-program tertentu (tetapi sepertinya ada aplikasi tertentu yang tidak termonitor).
Selain itu, jika penggunaan memori menjadi keterbatasan, maka menggunakan CPM mungkin perlu dipertimbangkan, karena program ini akan otomatis berjalan dengan windows (sebagai services) untuk memantau adanya proses intallasi dan menggunakan memori (RAM) sekitar 50-60 MB.
Bagi saya pribadi, secara umum setelah menggunakan program ini beberapa bulan, saya rasa sangat membantu dan bermanfaat dan masih terus saya pakai sampai sekarang. Comodo Programs Manager dapat digunakan untuk windows XP dan setelahnya ( 2003, Vista, windows 7 ).
Download Comodo Programs Manager ( 10.7 MB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)