WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Rabu, 11 April 2012

Pantau kondisi Hardisk dengan Acronis Drive Monitor

 
Hardisk merupakan salah satu komponen komputer/pc yang perlu dijaga kondisinya, apalagi jika didalamnya banyak berisi data atau dokumen penting kita yang mungkin nilainya jauh lebih besar dari nilai hardisk itu sendiri. Bagaimana kita bisa memantau kondisi (kesehatan) hardisk yang ada di komputer kita ?
Kerusakan hardisk merupakan hal yang banyak terjadi bagi sebagian orang, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Adanya bad sector di hardisk bisa berakibat fatal, karena data-data penting yang mungkin merupakan hasil kerja berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun bisa hilang begitu saja.
Untuk mencegah dan memantau kondisi hardisk, salah satu software gratis yang bisa kita gunakan adalah Acronis Drive Director. Dengan software ini kita terbantu dengan adanya peringatan ketika hardisk mulai bermasalah. Tidak hanya itu saja, software ini akan memonitor banyak hal seperti suhu, error membaca atau menulis, total waktu berjalan, dan lainnya. Dengan adanya peringatan dini, maka kita bisa segera mengamankan data-data penting dan mungkin persiapan mengganti dengan hardisk baru.

Download Acronis Drive Monitor

Meskipun gratis, tetapi untuk mendapatkan software yang berukuran sekitar 18 MB ini kita harus mendaftarkan nama, asal dan alamat email. Saya periksa link download dari cnet dan softpedia pun sepertinya juga memerlukan registrasi. Oleh karena itu langsung saja kita download dari website resmi Acronis (link ada di bagian bawah). Dari halaman download pilih sja Home User
Setelah mengisikan nama depan, belakang, asal serta alamat email, kita akan ditawarkan apakah akan menyertakan software tambahan (Acronis True Image, bukan gratis tetapi trial/percobaan). Jadi kita memilih pilihan download tanpa tambahan dengan klik tombol Continue without adding. Setelah itu baru proses download akan dimulai.

Penggunaan

Setelah proses download selesai, install di komputer. Setelah program di install di komputer dan dijalankan akan ada 3 menu utama, yaitu disk, backup dan Critical event. Untuk menu backup, tidak akan dibahas, karena backup disini memerlukan software lain dan tidak disertakan dalam aplikasi ini.
Menu Disk merupakan menu utama, kita akan disajikan berbagai informasi hardisk yang ada di komputer, seperti suhu (dalam Celsius atau Fahrenheit, bisa diatur melalui options), waktu power on, kesehatan hardisk, monitoring S.M.A.R.T dan status masing-masing parameternya, serta event. Jika suhu hardisk atau kondisi tidak normal, aplikasi ini akan memberi peringatan.
Dari menu Critical Event, kita bisa melihat apakah ada kejadian yang mengindikasikan data error (baca atau tulis) yang dideteksi oleh Windows Event Log. Double klik pesan yang ada untuk mendapatkan informasi lebih detail.
Software ini cukup bermanfaat terutama bagi yang menggunakan komputer dengan kerja hardisk tinggi sehingga kita perlu mendapatkan peringatan jika suhu hardisk terlalu tinggi, untuk mencegah kerusakan hardisk atau kehilangan data. Software ini tinggal install dan jalankan, karena kita tidak perlu mengatur banyak hal, mungkin hanya mengubah suhu dari Fahrenheit menjadi Celcius saja.
Kelemahan software ini menurut saya adalah proses download yang harus melalui registrasi dan ukuran file yang lumayan besar untuk fitur monitoring seperti ini. Alternatifnya, kita bisa menggunakan software gratis sejenis, yaitu CrystalDiskInfo. Kita tidak perlu registrasi untuk menggunakan software ini dan ukurannya hanya sekitar 1.6 MB.
Download Acronis Drive Monitor (18.1 MB)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)