WELCOME TO MY BLOG NIJAR

Rabu, 11 April 2012

Mencegah Virus Computer


 


     Virus komputer merupakan momok bagi setiap pemilik komputer. Tidak jarang hasil kerja keras kita, baik berupa program aplikasi, file word, atau bahkan koleksi game terpaksa hilang atau tidak dapat digunakan lagi karena terkena serangan virus komputer.
Penyebaran virus komputer sangatlah cepat, terutama di jaman Internet sekarang ini. Tapi bahkan sebuah PC yang tidak terkoneksi dengan Internet pun tidak dapat mencegah virus komputer, hal ini dikarenakan perpindahan data juga semakin mudah dengan adanya teknologi penyimpanan data yang lebih praktis seperti flashdisk.
Agar terhindar dari Virus komputer sebaiknya ikuti beberapa tips mencegah virus komputer berikut ini :

  1. Gunakanlah program antivirus yang bagus.
    Untuk mengetahui antivirus mana yang bagus, Anda bisa membaca review atau tulisan tentang antivirus tersebut di internet atau majalah komputer. Baca pula pengalaman orang orang yang telah menggunakan antivirus tersebut.

  2. Selalu jalankan program antivirus tersebut setiap menggunakan komputer.
    Hentikan kebiasaan menjalankan antivirus bila diperlukan saja karena anda tidak akan selalu tahu kapan suatu virus akan menyerang. Pastikan antivirus yang Anda gunakan memberikan perlindungan secara terus menerus termasuk perlindungan terhadap email masuk dan keluar.

  3. Pastikan program antivirus selalu dalam keadaan ter-update.
    Update database virus biasanya diberikan secara cuma cuma oleh pembuat program antivirus. Bila anda tidak ingin lupa melakukan update antivirus, jalankan saja fitur auto update. Ini penting untuk mencegah virus komputer terbaru.

  4. Pastikan sistem operasi selalu dalam keadaan ter-update.
    Semakin hari, semakin sering kita mendengar adanya lubang keamanan dari suatu sistem operasi. Lubang keamanan ini sering dimanfaatkan oleh virus untuk masuk dan merusak sistem komputer anda. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sistem operasi harus selalu dalam keadaan ter-update. Disamping mengamankan dari serangan virus, melakukan update sistem operasi juga akan membuat komputer anda berjalan selalu dalam keadaan stabil.

  5. Backup data secara rutin.
    Hal ini untuk mencegah kehilangan data penting apabila komputer terinfeksi virus.

  6. Scan media penyimpanan, seperti flashdisk, sebelum menjalankannya.
    Selalulah beranggapan bahwa komputer yang digunakan banyak orang adalah komputer yang terinfeksi virus sehingga bisa lebih waspada. Nonaktifkan fungsi autorun untuk media media penyimpanan tersebut untuk mencegah virus komputer mencopy dirinya sebelum antivirus mendeteksi.

  7. Waspadalah terhadap lampiran/attachments email.
    Sampai saat ini, lampiran email merupakan sarana yang paling disukai oleh pembuat virus untuk menyebarkan virus buatannya.

  8. Berhati hatilah dalam mendownload program gratisan.
    Downloadlah dari situs yang terpercaya berdasarkan review banyak orang. Lakukan scanning installer program tersebut sebelum dipasang di komputer untuk mencegah virus komputer.

  9. Hati hati terhadap taut atau link yang disebar via program messenger.
    Jangan pernah menerima undangan untuk berkunjung ke suatu situs dari orang yang tidak begitu Anda kenal. Karena bisa saja situs tersebut merupakan jebakan berisi virus komputer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Disini kode yang akan ditambahkan (bisa kode html iklan ataupun kode javascript dan sejenisnya)